Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Memulai Belajar Program PHP (Hypertext Preprocessor)

Asslmualaikum Warahmatullahi Wabarakatu
Bismilahirrahmanirrahiim
Sebelum kita memulai mengerjakan sesuatu ada baiknya kita berdoa terlebih dahulu agar apa yang kita kerjakan dapat berkah dari allah SWT, Amiin.

Setelah berdoa mari kita masuk kepembahasan mengenai memulai belajar pemrograman php, sebelum masuk ke inti pembahasan ada baiknya kita mengetahui sejarah singkat dari bahasa pemrograman PHP.

PHP diciptakan pertama kali oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1994, Awalnya PHP digunakan untuk mencatat jumlah serta untuk mengetahui siapa saja pengunjung pada homepagenya. Ramus Lerdorf adalah salah seorang penduukung open source. Oleh karena itu ia mengeluarkan Personel Home Page Tools versi 1.0 secara gratis, kemudian menambah kemampuan php 1.0 dan meluncurkan PHP 2.0.

Untuk sejarah lengkapnya para sobat bisa mencari sendiri dari berbagi sumber.

PHP memiliki banyak kelebihan yang tidak dimiliki oleh Bahasa script sejenis. PHP difokuskan pada pembuatan script server-side, yang bias melakukan apa saja yang dapat dilakukan oleh CGI, seperti mengumpulkan data dari form, menghasilkan halaman web dinamis, dan kemampuan mengirim serta menerima cookies.

PHP dapat digunakan pada semua sitem operasi anatara lain Linux,Ubuntu, Unix, Windows, Mac Os. Pada tutorial di blog ini saya menggunakan system operasi windows 10. PHP juga banyak mendukung database dalam pengolahan data antara lain, Adabas D, dBase, Direct MS-SQL, Empress, FilePro (read only), Front Base, Hyperware, IBM DB2, Informix, Ingres, Interbase, MSQL, MySQL, ODBC, Oracle, Ovrimos, PostgrSQL, Solid, Sybase, Unix DBM, Velocis, saya menggunakan database MySQL sebagai pengolahan data.

Sintak Program/Script PHP ditulis dalam apitan tsobat khusus PHP. Ada empat macam pasangan tag PHP yang dapat digunakan untuk mensobati blok script PHP

1.

2.

3. (untuk php versi 4 kebawah)

4. <% …. %>

Cara 1 dan 2 adalah cara yang paling sering digunakan tapi saran saya agar lebih mengutamakan menggunakan cara 1.

Baiklah sekarang kita akan memulai bagaimana cara agar kita bisa belajar pemrograman PHP, untuk bisa belajar pemrograman PHP kita harus menyediakan beberapa software yang mendukung untuk menjalankan program PHP, Berikut langkah-langkah untuk belajar dan memulai pemrograman PHP.

1. Install server apache dan database mysql saya mengunakan XAMPP sobat bisa download disini (link), untuk tutorial installnya disini (link)

2. Install web browser seperti mozila firefox, google chrome, safari dan lain sebagainya, sobat bisa mendapatkan software tersebut disini (link)

3. Install text editor seperti Notepad++, Sublime Text, Codelobster, atau Adobe Dreamweaver, saran saya install yang membuat sobat bisa nyaman dan beta karena sobat akan berjam-jam ada dihapapanya, untuk Notepad++ sobat bisa download disini

Setelah ketiga hal diatas selesai dilaksanakan maka kita akan memulai membuat program php kita yang pertama. Buka text editor kesayangan sobat kemudian ketikan kode dibawah ini .

<html>
<head>
<title> Program Pertamku </title>
</head>
<body>
<?php 
echo "Bismillahirrahmanirrahiim, Ini Program PHP Pertamaku";
?> 
</body>
</html>

Selanjutnya simpan program tersebut dengan mengklik file>save as. Akan muncul kotak dialog save as, pastikan lokasi untuk menyimpan file program sobat di c:\xampp\htdocs\nama_folder\ lalu isikan pada pernyataan file name, pertama.php, perlu diingat bahwa ektensi file dalam pemrograman php adalah .php, jadi untuk menyimpan file harus di ikuti ekstensi tersebut, contoh nama_file.php.

Untuk menjalankan hasil program diatas maka sobat perlu membuka web browser kesayangan sobat seperti mozila firefox, pada bagian address bar ketikan “ http://localhost/tutorial/pertama.php” (tanpa tanda petik, nama folder sesuaikan dengan nama folder sobat, nama folder saya disini adalah tutorial).

Hasilnya seperti gambar dibawah ini .




Semoga tutorial ini bermanfaat bagi sobat dan berhasil dalam tutorial ini, sampai disini dulu tutorial dari saya , atas segala kekuranganya mohon dimaafkan.

sampai disini dulu tutorial dari saya , Semoga tutorial ini bermanfaat bagi sobat, , atas segala kekuranganya mohon dimaafkan dan diberi saran.

Post a Comment

2 Comments

Berkomentarlah dengan baik dan sopan

Rekomendasi Untuk Anda × +