Recent Comment

Navigation

Cara Merubah Port Apache di XAMPP

Assalmualaikum Warahmatullahi Wabarakatu
Bismillahirrahmanirrahiim

Jika sobat mengalami error saat menjalankan Apache yang terdapat dalam paket xampp, kemungkinan penyebabnya adalah port yang seharusnya digunakan sudah digunakan oleh program lain, secara default apache bawaan XAMPP menggunakan port 80 dan 443 (untuk SSL). Untuk langkah-langkah mengubahnya ikutilah tutorial dibawah ini, oke langsung saja....




1.Langkah Pertama
Pastikan sobat sudah menginstall xampp dan mengalami error saat menjalankannya, jika xampp berjalan dengan normal dan tidak error, sobat tetap bisa mengubah portnya (tentunya hal ini tidak penting).

2. Langkah Kedua
Untuk mengubah port default apache, kita harus mengedit file konfigurasi apache, yakni file httpd.conf. Apabila web server apache sedang berjalan, silahkan matikan terlebih dahulu, kemudian bukalah folder apache dimana sobat menginstall xampp deafult di C:\xampp, maka lokasi foldernya akan berada di C:\xampp\apache\conf, kemudian buka file httpd.conf dengan Notepad++ atau text editor yang memiliki fitur undo 2x, *jangan buka dengan notepad default windows, untuk mencari baris perintah ini akan lebih mudah jika kita menggunakan fitur find di Notepad++  (CRTL + F), cari baris "Listen 80", kemudian ubah angka 80 ini menjadi port baru, misalnya menjadi "Listen 8080", masih di file yang sama, cari baris "ServerName localhost:80" kemudian ubah menjadi "ServerNamelocalhost:8080". Simpan pengaturan, dan tutup file ini.


3. Langkah Ketiga
Bukalah folder apache dimana sobat menginstall xampp deafult di C:\xampp, maka lokasi foldernya akan berada di C:\xampp\apache\conf\extra, kemudian carilah file bernama httpd-ssl.conf, kemudian buka file tersebut dengan Notepad++ atau text editor yang memiliki fitur undo 2x, *jangan buka dengan notepad default windows. Carilah baris "Listen 443" dan ubah menjadi "Listen 444". Sama seperti port yang lain, kita bisa menggunakan port apa saja. Nomor 444 yang saya pilih hanya salah satu contoh saja. Masih di file yang sama, cari baris "virtualhost_default_:443" kemudian ubah menjadi "virtualhost_default_:444", dan terakhir cari baris "ServerName localhost:443" dan ubah menjadi "ServerName localhost:444". Simpan pengaturan dan tutup file ini. Perubahan port Apache sudah selesai!

4. Langkah Keempat
Jalankanlah control panel xampp yang sobat miliki kemudian pada menu apache klik button start, jika berhasil akan tampil seperti gambar dibawah ini



Sampai disini dulu tutorial tips dari saya, semoga tutorial ini bermanfaat bagi sobat, atas segala kekuranganya mohon dimaafkan dan di beri saran.



Share

agus ribudi

Programmer, Web Developer, Android Developer and Blogger

Post A Comment:

0 comments:

Rekomendasi Untuk Anda × +