Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Cara install Framework Laravel 5

Assalmualaikum Warahmatullahi Wabarakatu
Bismillahirrahmanirrahiim

Dalam dunia pemrograman mencoba sesuatu yang baru adalah hal yang sangat menarik karena dapat menambah ilmu pengetahuan dan terutama bisa meningkatkan skill dalam pemrograman, sekarang ini kita akan membahas tentang bagaimana cara menginstall Framework Laravel 5. oke langsung saja

Laravel adalah sebuah Framework PHP 5.3 yang bersifat opensource yang ditulis oleh Taylor Otwell dengan lisensi dibawah MIT License. Laravel dibuat untuk membatu para developer khususnya dalam membuat sebuah web dengan sintak yang sederhana, elegan, ekspresif dan menyenangkan. Seperti yang ditulis dalam website nya :

Laravel is a clean and classy framework for PHP web development. Freeing you from spaghetti code, it helps you create wonderful applications, using simple, expressive syntax. Development should be a creative experience that you enjoy, not something that is painful. Enjoy the fresh air!

Laravel sangatlah mudah untuk dikonfigurasi untuk mengembangkan sebuah projek. Pada bagian ini, saya akan menjelaskan software/tools apa saja yang diperlukan, proses instalasi dan proses konfigurasinya.

Laravel adalah aplikasi web dengan sintak yang ekspresif dan elegan. Dengan Laravel, tugas-tugas umum developer dapat dikurangi pada sebagian besar proyek-proyek web seperti routing, session dan caching. Disamping itu, laravel berusaha menggabungkan pengalaman-pengalaman development dalam bahasa lain, seperti Ruby on Rails, ASP.NET, MVC dan Sinatra.

Laravel sangatlah mudah untuk dikonfigurasi untuk mengembangkan sebuah projek. Pada bagian ini, saya akan menjelaskan software/tools apa saja yang diperlukan, proses instalasi dan proses konfigurasinya.

Requirement
Adapun kebutuhan yang harus disediakan diantaranya :

Text Editor
Pilih text editor yang sesuai dengan kebutuhan atau selera Anda. Penulis menggunakan text editor Sublime Text Versi 3 yang sudah diinstal Emmet (plugin untuk mempercepat penulisan kode HTML). Bisa juga menggunakan PHPStorm, Aptana, Netbeans, Notepad++ dan lain-lain.

Webserver dan Database
Yang terpenting dalam instalasi Laravel yaitu bahwa persi PHP minimal versi 5.3 ke atas dan sudah diinstal ekstensi php yaitu Mcrypt. Penulis menggunakan XAMPP versi 3.2.1 yang sudah mengukung php5.4 dan Mcrypt. Dapat anda unduh di website nya atau sudah disediakan dalam paket CD.


Composer
Untuk dapat menginstal laravel kita akan menggunakan composer. Composer adalah sebuah dependency 'manager' untuk PHP. Anda dapat menambah library yang dibutuhkan untuk website Anda secara otomatis tanpa perlu mendownload satu persatu. Mirip dengan apt-get install pada sistem operasi linux. Adapun proses instalasi composer adalah sebagai berikut :

Unduh composer di https://getcomposer.org/Composer-Setup.exe,
Klik dua kali file tersebut sehingga muncul dialog setup install composer kemudian klik Next


Selanjtutnya pilih komponen yang akan diinstall. Pilih "Install Shell Menus" kemudian klik next


Check versi php. Pada tombol "browse", kemudian masukan path php yang sudah diiintasl di komputer. Disini dicontohkan path php nya yaitu di "C:/xampp/php/php.exe" kemudian klik next.



Jika versi php sudah memenuhi standar instalasi Laravel, maka akan muncul tampilan sebagai berikut. Kemudian klik Install



Jika sudah berhasil instal composer, untuk mengecek apakan composer sudah berjalan dengan baik, buka Command Promt kemudian tuliskan "composer". Jika berhasil composer akan tampil sebagai berikut .






Install Package Laravel
Untuk mengunduh paket laravel dapat menggunakan dua cara yaitu :
Mendownload paket laravel dari github di  https://github.com/laravel/laravel/archive/master.zip
Atau mendownload langsung menggunakan composer langsung (admin disini menggunakan composer langsung untuk proses download nya). Buka Command Prompt kemudian arahkan direktori ke htdocs XAMP yang sudah di instal atau direktori lainnya disini saya memilih untuk meletakkan hasil download di desktop. kemudian ketikan sintak berikut :

composer create-project laravel/laravel laravel -prefer-dist 
composer create-project laravel/laravel laravel "5.0.*" (untuk laravel v 5.0
composer create-project laravel/laravel laravel "5.1.*" (untuk laravel v 5.1) 
composer create-project laravel/laravel laravel "5.2.*" (untuk laravel v .5.2)
sintak diatas untuk mengunduh laravel dengan nama projek nya "laravel"

*Tunggu sampai proses unduh berhasil

jika proses unduh telah selesai, kemudian desktop atau tempat folder dimana sobat menyimpan file hasil download laravel, akan ada file laravel yang sudah didownload tadi.

Untuk mengecek apakah laravel sudah terinstal yaitu dengan cara buka xampp-control kemudian centang apache dan mysql, jangan lupa jika sobat meletakkan hasil download di desktop atau tempat lain segera pindahkan ke xamm>htdocs. Buka browser kemudian ketik http://localhost/laravel/public . Jika tampilan sebagai berikut, berarti paket laravel yang diinstal sudah berjalan.


Gambar di atas sudah saya modifikasi bagian view welcome.php, untuk mengecek versi laravel sobat bisa cek melalui Command Promt dengan mengtikan perintah seperti gambar dibawah ini

Hasil dari pengecekan versi laravel dalam folder saya adalah v 5.2.14


Semoga tutorial ini bermanfaat bagi sobat, atas segala kekuranganya mohon dimaafkan dan di beri saran untuk file pdfnya bisa didownload disini.

Post a Comment

0 Comments

Rekomendasi Untuk Anda × +