Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Mengenal PHP



Apa itu PHP ?


PHP adalah singkatan dari PHP Hypertext Preprocessor yang digunakan sebagai bahasa script server-side dalam pengembangan Web yang disisipkan pada dokumen HTML. Berbeda dengan HTML yang hanya bisa menampilkan konten statis, PHP bisa berinteraksi dengan database, file dan folder, sehingga membuat PHP bisa menampilkan konten yang dinamis dari sebuah website. 
Karena penggunaan PHP memungkinkan Web dapat dibuat dinamis, maintenance situs Web tersebut menjadi lebih mudah dan efisien. PHP merupakan software Open-Source yang disebarkan dan dilisensikan secara gratis serta dapat di-download secara bebas dari situs resminya http://www.php.net. PHP ditulis menggunakan bahasa C.
Riwayat PHP
PHP diciptakan pertama kali Oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1994. Awalnya, PHP digunakan untuk mencatat jumlah serta untuk mengetahui siapa saja pengunjung pada homepage-nya. Rasmus Lerdorf adalah salah seorang pendukung open source. Oleh karena itu, ia mengeluarkan Personal Home Page Tools versi 1.0 secara gratis, kemudian menambah kemampuan PHP 1.0 dan meluncurkan PHP 2.0. 
Pada tahun 1996, PHP telah banyak digunakan dalam website di dunia. Sebuah kelompok pengembang software yang terdiri dari Rasmus, Zeew Suraski, Andi Gutman, Stig Bakken, Shane Caraveo, dan Jim Winstead bekerja sama untuk menyempurnakan PHP 2.0. Akhirnya, pada tahun 1998, PHP 3.0 diluncurkan. Penyempurnaan terus dilakukan sehingga pada tahun 2000 dikeluarkan PHP 4.0. Tidak berhenti sampai disini kemampuan PHP terus bertambah, dan sampai saat ini versi terbaru PHP yang telah dikeluarkan adalah PHP 5.0.x. 
Keunggulan PHP
PHP memiliki banyak kelebihan yang tidak dimiliki oleh bahasa script sejenis. PHP difokuskan pada pembuatan script server-side, yang bisa melakukan apa saja yang dapat dilakukan oleh CGI, seperti mengumpulkan data dari form, menghasilkan isi halaman web dinamis, dan kemampuan mengirim serta menerima cookies, bahkan lebih dari pada kemampuan CGI. 
PHP dapat digunakan pada semua sistem operasi, antara lain Linux, Unix (termasuk variannya HP-UX, Solaris, dan Open BSD), Microsoft Windows, Mac OS, RISC OS. PHP juga mendukung banyak Web Server, seperti Apache, Microsoft Internet Information Server (MIIS), Personal Web Server (PWS), Netcape and iPlanet servers, Oreilly Website Pro Server, audium, Xitami, OmniHTTPd, dan masih banyak lagi lainnya, bahkan PHP dapat bekerja sebagai suatu CGI Processor. 
PHP tidak terbatas pada hasil keluaran HTML (Hyper Text Markup Language). PHP juga memiliki kemampuan untuk mengolah keluaran gambar, file PDF, dan movie flash. PHP juga dapat menghasilkan text seperti XHTML dan file XML lainnya. 
Salah satu fitur yang dapat diandalkan oleh PHP yakni dukungannya terhadap banyak database seperti Adabas D, dBase, Direct MS-SQL, Empress, FrontBase, Hyperwave, IBM DB2, Informix, Ingres, Interbase, MSQL, MySQL, ODBC, Oracle, Ovrimos, PostgrSQL, Solid, Sybase, Unix DBM dan Velocis. Umumnya database MySQL digunakan untuk bekerja sama dengan PHP. 
Sintaks PHP
Sintak Program atau Script PHP ditulis dalam apitan tanda khusus PHP. Ada tiga macam pasangan tag PHP yang dapat digunakan untuk menandai blok script PHP, yakni sebagai berikut : 

<?php ... ?>  //inilah yang disarankan untuk digunakan
<script language=”PHP”> ... </script> 
<? ... ?> 

Cara 1 dan 2 merupakan cara yang paling umum digunakan sekalipun cara 3 tampak lebih praktis karena cara 3 tidak selalu diaktifkan pada konfigurasi file php.ini yang terdapat pada direktori c:\xampp\apache\php
  
Jika anda Ingin belajar Php lebih dalam lagi .. silahkan download modul php lengkap bahasa indonesia disini  .. untuk pembelajaran anda harus banyak berlatih biar menjadi ahli .. 
Hemm sekian dulu ea tentang pengantar PHP ,,, Semoga Bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments

Rekomendasi Untuk Anda × +